Serba Serbi

Yuk Simak Bun! Mengapa Daging Kurban Tak Bisa Dihangatkan Berkali-kali? Berikut Dampak dan Penjelasannya

entertainment.fin.co.id - 21/01/2024, 14:20 WIB

Simak Bun! Mengapa Daging Kurban Tidak Bisa Dihangatkan Berkali-kali? Berikut Dampak dan Penjelasannya

fin.co.id - Pasca lebaran Idul Adha berlalu, Tak sedikit masyarakat mendapatkan daging kurban.

Masyarakat tentu menjadikan daging kurban sebagai menu istimewa.  Ada yang menyiapkan porsi kecil atau besar. Tergantung dari kebutuhan masing masing. Dagin kurban yang didapat seperti kambing, kerbau, dan sapi.

Terlepas dari hal tersebut masyarakat biasanya ada yang menyimpang di freezer kulkas atau segera mengolahnya dengan berbagai masakan.

Menu daging dengan porsi besar pasti akan dipanaskan kembali agar tidak tengik dan berlendir.

Namun, tahukah Anda kalau daging kurban tidak bisa dihangatkan berkali-kali? Yuk simak penjelasan di bawah ini bun yang dilansir dari berbagai sumber.

Apakah memang ada dampak buruknya?

Daging yang dipanaskan berulang kali berbahaya karena jika daging tidak mencapai suhu panda yang sesuai atau jika tidak disimpan dalam kondisi yang baik, bakteri berbahaya seperti Salmonella atau E. Coli akan berkembang biak.

Selain itu, memanaskan daging secara berulang-ulang akan menurunkan kandungan gizinya, terutama protein dan vitamin.

Hal lain yang terjadi jika daging dipanaskan berkali-kali adalah daging cenderung kehilangan kelembapan dan tekstur aslinya sehingga kurang menggugah selera.

Oleh karena itu, sebaiknya daging kurban yang sudah disiapkan sebaiknya dipanaskan kembali satu kali saja, selain untuk menghindari tumbuhnya bakteri serta menjaga cita rasa dan kualitas daging.

Daging kurban olahan dapat disimpan pada suhu ruangan selama 2 sampai 3 hari, setelah itu dapat dimasukkan ke dalam lemari es atau freezer.

Setelah itu, daging olahan yang disimpan di freezer bisa disimpan selama 2 hingga 3 hari di wadah kedap udara.

Terakhir, proses daging kurban di dalam freezer yang dapat disimpan berbulan-bulan dengan suhu ideal -18 derajat Celcius Saat menyimpan daging kurban olahan, ingatlah untuk menggunakan wadah kedap udara dan pisahkan daging mentah dengan daging matang.

untuk menghindari kontaminasi silang.

Ingatlah untuk mencuci daging mentah yang akan diolah terlebih dahulu dan pastikan matangnya merata.

Hal ini terkait dengan olahan daging kurban yang tidak boleh dipanaskan berkali-kali, ingat hanya dipanaskan satu kali saja untuk menghindari tumbuhnya bakteri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya bunda.(*)

Noerma Puspita
Penulis