Serba Serbi

4 Tanda Kamu Punya Trust Issue dengan Pasangan, Wajib Harus Kamu Ketahui!

entertainment.fin.co.id - 09/02/2024, 11:13 WIB

4 Tanda Kamu Punya Trust Issue dengan Pasangan, Perlu Kamu Ketahui!

FIN.CO.ID - Salah satu faktor penting dalam suatu hubungan adalah kepercayaan. Dengan adanya rasa saling percaya, hubungan akan sehat, langgeng, dan aman.

Namun, pengalaman hidup yang dialami seseorang terkadang dapat memengaruhi kemampuannya dalam mempercayai orang lain atau pasangannya.

Masalah kepercayaan atau trust issue bisa berdampak negatif pada  hubungan romantis. Apa yang dimaksud dengan masalah kepercayaan?

BACA JUGA:

Masalah kepercayaan adalah keadaan emosional ketika seseorang memiliki tingkat kepercayaan yang rendah terhadap pasangannya.

Jika suatu hubungan tidak memiliki kepercayaan, hal ini dapat menimbulkan pikiran, tindakan, atau emosi yang merugikan, seperti atribusi negatif, kecurigaan, dan kecemburuan.

Seiring berjalannya waktu, masalah ini dapat menimbulkan masalah yang lebih besar dan mungkin bencana.

Masalah kepercayaan juga mungkin terkait dengan Depresi Kesulitan menangani stres tertentu, Kecemasan Takut ditinggalkan, Stres pasca-trauma Skizofrenia adalah tanda-tanda masalah kepercayaan. 

BACA JUGA:

Berikut  beberapa tanda dan gejala yang harus diwaspadai:

1. Tidak percaya dengan apa yang dikatakan orang lain

Orang yang memiliki masalah Masalah kepercayaan cenderung menguji apa yang dikatakan orang lain.

Sekalipun tidak ada alasan untuk meragukan kejujuran pasangan, teman atau bahkan kolega, mereka tidak akan menerima apa yang mereka katakan sebagai kebenaran kecuali mereka sendiri yang mengkonfirmasinya.

2. Selalu mengharapkan kemungkinan terburuk

Orang dengan masalah kepercayaan seringkali kurang percaya, karena mereka sudah siap menghadapi segala hal buruk yang mungkin terjadi suatu saat nanti.

Kurangnya kepercayaan dapat menimbulkan kecurigaan terhadap motif dan perilaku orang lain.

BACA JUGA:

3. Tidak ingin terlalu dekat dengan orang lain

Orang yang memiliki masalah kepercayaan tidak mau terbuka atau dekat dengan orang lain, meskipun mereka mendambakan hubungan yang dalam dan bermakna.

Noerma Puspita
Penulis