Serba Serbi

Serem, Video Penampakan Suku Mante: Tubuh Hitam, Pendek, Rambut Panjang dan Berjalan Bungkuk, Mitos Atau Fakta?

entertainment.fin.co.id - 19/02/2024, 18:36 WIB

Video Penampakan Suku Mante

FIN.CO.ID - Video penampakan Suku Mante yang bertemu dan diberi roti oleh warga viral di media sosial. Tubuh hitam legam, pendek, rambut panjang dan berjalan bungkuk adalah ciri-ciri suku yang berasal dari Aceh ini.

Adalah akun X atau Twitter @Maeyaagustina yang kali pertama mengunggah video penampakan Suku Mante ini yang tertangkap oleh warga. 

Dalam video berdurasi 59 detik itu, terlihat 2 makhluk bertubuh hitam legam, pendek, rambut panjang dan cara berjalannya bungkuk.

Ke-2 Suku Mante itu terlihat jongkok dan diberi makanan roti oleh warga. Rambut mereka panjang hingga menyentuh betis. 

Gimbal dan tidak terawat. Mereka juga tidak memakai baju atau penutup tubuh. Telanjang dada. 

Terlihat seperti rumbai-rumbai dari tumbuhan yang digunakan untuk menutup bagian perut atau pusar ke bawah. Mereka juga tidak memakai alas kaki.

Sekilas memang tampak menyeramkan. Tidak sedikit warga yang ketakutan dengan penampilan 2 Suku Mante ini. 

Video Penampakan Suku Mante -fin/@Maeyaagustina -X Twitter

BACA JUGA:

Sejumlah orang yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak tampak lari saat salah satu dari Suku Mante ini berjalan ke arah warga. 

Belum diketahui pasti kapan dan dimana video ini direkam. Yang pasti, mereka adalah Suku Mante yang selama ini menjadi legenda.

Apa Itu Suku Mante 

Suku Mante adalah suku yang berasal dari Provinsi Aceh. Suku Mante hidup ribuan tahun lalu dan diyakini masih ada.

Suku ini terkenal misterius dan jarang diketahui dunia luar. Mereka tinggal di daerah terisolasi dan sulit dijangkau di tengah hutan Aceh.

Menurut Abdul Rani Usman dalam buku Sejarah Peradaban Aceh, suku mante adalah jenis suku Melayu Lama yang telah lama menetap di wilayah Aceh. 

Suku Mante ini berasal dari belantara hutan Jantho di Kabupaten Aceh Besar. Setelah agama Islam memasuki Aceh, beberapa dari mereka ada yang ikut memeluk agama Islam.

Rizal Husen
Penulis