Kenali Jenis Tawon Vespa Tropica, Waspadai Sengatannya!

Kenali Jenis Tawon Vespa Tropica, Waspadai Sengatannya!

Vespa Affinis--

FIN.CO.ID - Tawon Vespa Tropica atau  (Vespa affinis) termasuk dalam keluarga Vespidae dari ordo hymenoptera. Serangga ini merupakan serangga asli dari wilayah Asia Pasifik.

Salah satu karakteristik khas dari serangga ini adalah corak oranye kekuningan pada segment abdoment nomor 1 dan 2, serta 3-4 segment dibelakangnya berwarna hitam.

Namun, tahukah kamu kalau tawon satu ini hidup di daerah tropis dan tak heran sering berkonflik dengan perumahan warga. Hal ini karena kita hidup berdampingan dengan sarang Tawon Vespa hidup.

Sebagai informasi tambahan, sarang Tawon Vespa terbuat dari material tumbuhan dan juga lumpur. Tawon vespa ini memiliki karakteristik sarang yang besar bisa lebih dari 60 cm dan memiliki struktur sarang yang sangat kuat.

Nah tawon ini juga dikenal beracun dan kamu harus berhati-hati dalam menghadapinya, berikut adalah ciri-ciri dari famili Tawon Vespa yang wajib kamu tahu.

BACA JUGA:Di Semak-Semak, Petani Tewas Tersengat Tawon Ganas

BACA JUGA:Ikut Kegiatan Lintas Alam, 4 Peserta Pingsan Diserbu Tawon Gunung

Tawon Vespa Tropica


Tawon Vespa Tropica--

Jangan terhipnotis karena corak warnanya yang cantik, tawon vespa tropica merupakan salah satu jenis yang paling umum kita temui di sekitar rumah kita khususnya yang masih banyak perkebunan atau hutan.

Bentuk fisik vespa tropica mirip dengan vespa affinis karena sama-sama memliki warna oranye atau kuning di bagian punggungnya. Vespa ini dijuluki sebagai greater banded hornet karena ukurannya yang besar. Ratu berukuran kurang dari 30 mm, jantan 26 mm, dan pekerja 24-26 mm.

Biasanya mereka bersarang di lubang pohon atau umumnya di dalam tanah, sehingga terhindar dari ancaman predator lainnya atau hujan yang merupakan salah satu kelemahan tawon.

Vespa Velutina


Vespa Velutina--

Rangga Dipa

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.