Viral di X, Film Pendek Joko: Tingkatkan Kepekaan Pada Korban Pelecehan Seksual Khususnya Laki-laki!

Viral di X, Film Pendek Joko: Tingkatkan Kepekaan Pada Korban Pelecehan Seksual Khususnya Laki-laki!

Cuplikan Film Pendek: Joko--

FIN.CO.ID - Baru-baru ini laman media sosial X diramaikan dengan film pendek keluaran tahun 2017 yang kembali viral berjudul Joko. Sebuah produksi sederhana dari film pendek yang memiliki kisah kelam dan dekat dengan masyarakat kita.

Film ini disutradarai oleh Suryo Wiyogo yang namanya tentu juga tak asing di dunia persinemaan Indonesia. Selain itu, film ini juga sangat menarik di mana perpaduan permainan kamera yang terkesan shaky dengan gabungan warna yang gelap cenderung hijau.

Menambah kesan bahwa pesan yang ingin disampaikan oleh film ini cukup kuat dan sangat menegangkan walaupun bukan seperti horor pada umumnya yang menampilkan hantu atau berbau bumbu klenik.

Justru, film pendek Joko mengedepankan unsur pelecehan seksual yang tabu di tengah masyarakat dan bagaiman seorang bos sebuah toko bangunan seenaknya menunjukkan sisi otoritariannya kepada para bawahannya.

Berikut ini adalah sisi menarik film pendek Joko yang bisa kamu saksikan gratis di platform YouTube.

BACA JUGA:

Sinopsis Film Joko


Cuplikan Film Pendek: Joko--

Joko adalah sebuah film drama pendek Indonesia tahun 2017 yang disutradarai dan ditulis oleh Suryo Wiyogo. Joko adalah seorang remaja yang putus sekolah sehingga ia harus bekerja untuk menyokong kebutuhannya serta Ayahnya yang buta. Tapi, di tempat kerja itulah mimpi buruk mulai terjadi.

Bercerita tentang kehidupan Joko, remaja tanggung berusia 15 tahun yang bekerja sebagai kuli pengangkut barang di sebuah tempat perbelanjaan, secara garis besar film ini mengangkat isu ketidakadilan sosial dalam masyarakat, terutama yang dirasakan oleh mereka yang tak punya banyak pilihan karena relasi kuasa. 

Dari sinopsis yang sederhana ini kita bisa menyimpulkan bahwa film ini merupakan hasil karya apik dengan pesan yang sangat amat mendalam.

Meraih Penghargaan Domestik dan Internasional


Cuplikan Film Pendek: Joko--

Siapa sangka, jika kamu menyaksikan film pendek ini akan berpikir bahwa permainan kameranya sangat di luar nalar. Namun justru itulah kekuatan dari film Joko ini. Sebagai informasi tambahan, film ini merupakan salah satu arsip penting yang juga disimpan dalam Indonesia Film Festival.

Rangga Dipa

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.