Pendaftaran Mudik Gratis Bus Kemenhub 2024 Telah Dibuka, Simak Langkahnya!

Pendaftaran Mudik Gratis Bus Kemenhub 2024 Telah Dibuka, Simak Langkahnya!

Pendaftaran Mudik Gratis Bus Kemenhub 2024 Telah Dibuka, Simak Langkahnya!--Google Photos

FIN.CO.ID - Masyarakat kini dapat mendaftar untuk program mudik gratis 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan menggunakan bus, dimulai sejak Rabu (6/3/2024).

Untuk calon pemudik yang ingin menggunakan moda bus, mereka dapat mengunduh aplikasi "MitraDarat" yang tersedia di PlayStore atau AppStore pada perangkat smartphone mereka.


Pendaftaran Mudik Motor Gratis (Motis) Kemenhub telah dibuka--ist

Pendaftaran akan berlangsung mulai hari ini hingga tanggal 3 April 2024, atau sampai kuota terpenuhi sehingga pendaftaran otomatis ditutup.

Dalam aplikasi MitraDarat, calon pemudik akan diminta untuk melakukan login dengan memasukkan alamat email atau akun Google, diikuti dengan nomor telepon (WhatsApp), dan kode OTP jika diperlukan.

BACA JUGA:

Setelah berhasil login, mereka dapat mengakses halaman utama aplikasi dan memilih tab "event" untuk menemukan menu Mudik Gratis.

Untuk memesan tiket mudik gratis, calon pemudik dapat memilih menu "Mudik Gratis" pada aplikasi MitraDarat, lalu menentukan lokasi keberangkatan dan tujuan mudik, serta memilih armada bus yang sesuai.

Setelah itu, mereka diminta untuk mengisi data pribadi dan menyelesaikan pemesanan dengan mengklik tombol "Selesaikan Pemesanan".

Bagi peserta yang akan melakukan perjalanan mudik-balik, pendaftaran arus balik dilakukan secara bersamaan dengan arus mudik.

BACA JUGA:

Namun, penting untuk dicatat bahwa asal kota balik harus sama dengan kota tujuan mudik yang dipilih. Peserta juga diminta untuk melakukan validasi ulang di posko yang telah ditentukan dalam waktu lima hari setelah pendaftaran.

Peserta yang melakukan mudik-balik dengan sepeda motor harus membawa surat-surat kendaraan dan perlengkapan berkendara yang diperlukan.


Pendaftaran mudik gratis 2024 dari Kemenhub--hubdat.dephub.go.id

Brigita

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.