Mengungkap Karya Penuh Warna, Potret Seniman Indonesia Eko Nugroho

Mengungkap Karya Penuh Warna, Potret Seniman Indonesia Eko Nugroho

--kanalberita

FIN.CO.ID- Seniman kontemporer Indonesia telah mengukir prestasi yang mengesankan dalam kancah seni global dengan karya-karya yang inovatif dan memikat. 

Salah satu contoh seniman kontemporer Indonesia yang menonjol adalah Eko Nugroho, yang terkenal dengan karya-karya lukisannya yang penuh warna dan penuh makna. 

Eko Nugroho lahir pada tanggal 4 Juli 1977 di Yogyakarta. Ia menyelesaikan pendidikan terakhirnya di Institut Seni Indonesia, Jurusan Seni Lukis, dari tahun 1997 hingga 2006.

BACA JUGA:Melodi Ajaib Pestapora 2024: Ini Daftar Lineup, Karya Seni, dan Harga Tiket

Nugroho sering menggunakan gaya seni yang menggabungkan elemen tradisional dengan ekspresi kontemporer, menciptakan karya yang sarat akan pesan sosial dan kritik terhadap kondisi sosial dan politik saat ini.

Karya terbaru dari seniman Eko Nugroho menjadi sorotan di ajang ART SG yang diadakan di Marina Bay Sands Expo and Convention dan dipresentasikan oleh UBS. 

Dalam karyanya, Nugroho mengambil tema sampah limbah plastik sebagai salah satu materi utama, menyoroti tanggung jawab masyarakat terhadap pengelolaan sampah plastik. 

BACA JUGA: 'Perempuan dan Karya Seninya' Dihadirkan THE 1O1 Hotel Jakarta Airport CBC

Karya ini tidak hanya sekedar ekspresi seni visual, tetapi juga menjadi panggilan untuk kesadaran kolektif akan dampak lingkungan dari pembuangan sampah plastik yang tidak bertanggung jawab. 

Dengan menghadirkan sampah limbah plastik dalam karya seninya, Nugroho mengajak kita untuk memikirkan ulang perilaku kita terhadap penggunaan dan pembuangan plastik, serta mendorong tindakan yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan dalam menjaga lingkungan hidup kita.

Eko Nugroho juga telah sukses menggelar berbagai pameran tunggal, kolektif, dan residensi di luar negeri, mengukuhkan namanya di kancah seni internasional. 

BACA JUGA:Karya Seniman Prostetik, Bikin Film Makin Menggelitik

Karyanya tidak hanya diakui secara lokal, tetapi juga menjadi koleksi penting bagi sejumlah lembaga seni internasional terkemuka. 

Dengan pencapaian ini, Nugroho telah membawa seni kontemporer Indonesia ke panggung dunia, memperkuat citra seni Indonesia secara global, dan menjadi salah satu seniman yang paling dihormati dan diakui dalam komunitas seni internasional.

Aulia Yesella

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.