Keren! Ulos Masuk Daftar Tunggu UNESCO

Keren! Ulos Masuk Daftar Tunggu UNESCO

Ulos Masuk Daftar Tunggu UNESCO-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Satu lagi warisan budaya nusantara masuk daftar tunggu Unesco. Kali ini Ulos dalam kategori Warisan Budaya Tak Benda Nasional. 

“Pada 17 Oktober 2014 Pemerintah Indonesia menetapkan ulos sebagai warisan budaya tak benda nasional. Atas dasar itu ulos memiliki peluang didaftarkan ke lembaga dunia. Ini sejak 2022 dan sekarang menunggu hasil persidangan,” ujar Ketua Departemen Pelestarian Warisan Budaya - Batak Center, Jhohannes Marbun, Senin, 15 April 2024.

Berbagai upaya promosi telah dilakukan di dalam dan luar negeri. Ini untuk mendorong percepatan ulos sebagai warisan budaya tak benda oleh Unesco.

BACA JUGA:

"Kami pernah melaksanakan ulos fest di museum nasional, kegiatan pameran, diskusi publik, termasuk lokakarya praktik tenun. Hasil semua kegiatan itu dikompilasi, lalu diberikan kepada pemerintah daerah dan pusat," jelasnya.

Di  luar negeri, diaspora Indonesia di Batak Center seperti di Amerika Serikat dan Rusia juga ikut berperan. Mereka mempromosikan ulos sebagai Warisan Dunia Tak Benda Unesco.  

“Memang setiap tahun, baik komunitas yang ada di Sumut dan daerah lain, memperingati penetapan ulos sebagai warisan budaya tak benda nasional. Penetapan itu diperingati sebagai hari ulos," paparnya.

BACA JUGA:

 

Rizal Husen

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.