Serba Serbi

Dialami Nikita Willy, Ini 5 Penyebab Keguguran saat Hamil

entertainment.fin.co.id - 21/02/2024, 10:58 WIB

Artis Nikita Willy

FIN.CO.ID - Artis Nikita Willy mengalami keguguran di usia kehamilannya yang baru tujuh minggu.

Nikita Willy mengumumkan kegugurannya melalui akun Instagranya. Wanita berusia 29 tahun ini terjadi keguguran pada Januari lalu.

"Bulan lalu (Januari), kami kehilangan bayi kami yang berharga pada usia yang memilukan," ucap Nikita pada Selasa, 20 Februari 2024.

Keguguran bisa terjadi di usia kehamilan masih tergolong muda. Dilansir KlikDokter, banyak penelitian mengungkapkan 8-20% Ibu yang tahu dirinya hamil dan mengalami keguguran sebelum usia 20 minggu. Sisanya sebesar 80% terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan.

BACA JUGA:

Akan tetapi, angka ini belum dibuktikan lebih lanjut karena banyak Ibu yang tidak mengetahui sedang mengandung. Umumnya, kondisi ini bisa dideteksi melalui pemeriksaan USG dimana dokter akan memeriksa detak jantung janin. 

Jika Ibu telah mengalami keguguran lebih dari tiga kali, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjut seperti pemeriksaan gen, pemeriksaan USG pada awal kehamilan dan tes darah.

Penyebab keguguran berasal dari kelainan kromosom janin misalnya yang tidak berkembat. Kemudian, faktor usia di atas 35 tahun dan penyakit panjang.

Berikut ini akan memberikan penyebab keguguran yang terjadi pada ibu hamil.

Nikita Willy Lebih Pilih Lahiran di Los Angeles-Nikita Willy Official-YouTube Channel

BACA JUGA:

Penyebab Keguguran

1. Berolahraga Berat

Mengangkat benda berat juga bisa beresiko dan menjadi salah satu aktivitas penyebab keguguran. Hal ini juga berlaku saat Ibu ingin berolahraga. 

Hindari melakukan olahraga yang menyebabkan keguguran seperti melompat, berlari jauh, atau angkat beban. Ibu bisa melakukan olahraga ringan misalnya saja jalan kaki, yoga dan senam kehamilan yang relatif aman. 

2. Minimnya Asupan Nutrisi

Ari Nur Cahyo
Penulis