Film n Musik

3 Fakta Film Siksa Kubur: Judul Terbaru Joko Anwar yang Awalnya Rilis di Youtube

entertainment.fin.co.id - 22/02/2024, 20:10 WIB

Cuplikan Film Pendek Siksa Kubur

FIN.CO.ID -  Joko Anwar resmi merilisi teaser trailer pertama dari film teranyarnya yang berjudul Siksa Kubur pada Rabu 21 Februari 2024.

Siksa Kubur merupakan film bergenre horor yang siap meneror penontonnya dan dijamin membuat kamu mempertanyakan keimanan kamu setelah menyaksikan film ini.

Sebelumnya di tahun 2023, kita juga sempat diramaikan dengan film adaptasi komik horor zaman dulu yang kemudian digarap menjadi film jagal oleh Anggy Umbara yang berjudul Siksa Neraka. Walaupun berbeda universe dengan filmnya Joko Anwar, kedua film ini memiliki kesamaan identik, yakni mempertanyakan keimanan kamu dan sudah siapkah bekal yang kamu bawa ke alam barzah nanti?

Film Siksa Kubur ini direncanakan akan rilis pada 10 April 2024, nah biar kamu makin kenal dengan film terbarunya Joko Anwar, kita simak rangkuman fakta berikut ini.

BACA JUGA :

Di angkat dari Film Pendek Joko Anwar

Cuplikan Film Pendek Siksa Kubur--

Pada pertengahan 2013, sebuah film pendek karya Joko Anwar yang berjudul Siksa Kubur menjadi trending di masanya. Banyak orang berbondong-bondong hingga penasaran dengan alur cerita horor garapan sutradara kenamaan tersebut.

Tak disangka, ternyata film yang juga dirilis di YouTube itu memberikan efek ngeri yang membuat penonton bergidik. Walaupun singkat, beberapa review menjelaskan bahwa suasana, sensasi serta kengerian alam barzah yang digambarkan melalui suara dan sudut pandang bocah kecil yang tak sengaja masuk ke dalam peti mati ayahnya, membuat si anak ini berubah menjadi tua dan trauma.

Hal ini tak lepas karena perbedaan waktu yang terjadi antara alam barzah dengan dunia, satu hari di sana sama dengan ratusan tahun hidup di dunia. Maka, tak heran jika si bocah mendadak menjadi tua akibat terperangkap di alam kubur bersama ayahnya.

Alur yang Dekat dengan Masyarakat dan Minim Jumpscare

Poster Film Siksa Kubur (Grave Torture)--

Joko Anwar menuturkan dalam laman X pribadinya bahwa film Siksa Kubur ini akan dibuat dengan cerita yang memiliki kedekatan dengan masyarakat dan juga minim dengan jumpscare.  Tentunya hal ini sangat tidak mengherankan.

Seperti yang kita ketahui Joko Anwar adalah sutradara film yang idealis dan tidak mainstream dalam artian ia memiliki formula ampuhnya sendiri untuk meneror penontonnya. Kita bisa menelisik kembali lewat film Pengabdi Setan 1 dan 2 serta Impetigore.

Ya, memang, Joko Anwar adalah spesialis film jagal tetapi ia tidak mengharuskan ada unsur jumpscare picisan.

Rangga Dipa
Penulis