Siapkan Berkas! Pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk jalur UTBK-SNBT Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar

Siapkan Berkas! Pendaftaran KIP Kuliah 2024  untuk jalur UTBK-SNBT Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar

Sumber foto: google--

“Sebagai gambaran tahun 2023, jumlah pendaftar mencapai 1 juta lebih sementara alokasi anggarannya hanya untuk 161 ribu mahasiswa, ini artinya hanya sekitar 20 persen yang memperoleh KIP Kuliah. Karena itu, persiapan diri sebaik-baiknya, dan lengkapi semua berkas yang dibutuhkan. Dalam hal ini guru-guru BK harus segera melakukan sosialisasi kepada para siswanya menjelang ujian akhir, “papar Plt. Kepala Puslapdik, Abdul Kahar di laman resmi Puslapdik.

Untuk diketahui, penerima KIP Kuliah 2024 berhak memperoleh dana bantuan pendidikan setiap bulan. Proses pencairan dana dilakukan melalui transfer bank dan melewati beberapa tahap. Mulai dari pengiriman biaya SPP ke pihak kampus hingga pengiriman uang ke rekening penerima. Proses ini memakan waktu yang berbeda-beda, bisa hitungan hari hingga hitungan minggu.

Berdasarkan Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024, dana bantuan ini berupa pembiayaan SPP dan uang saku. Bantuan biaya SPP ditransfer langsung oleh Puslapdik kepada perguruan tinggi.

Besaran biaya SPP ditentukan oleh program studi (prodi) dan disesuaikan dengan rata-rata biaya pendidikan mahasiswa non-KIP Kuliah di setiap kampus. Berikut rinciannya:

-Prodi dengan akreditasi Unggul atau A atau Internasional maksimal Rp8.000.000 dan khusus prodi kedokteran maksimal Rp12.000.000

-Prodi dengan akreditasi Baik Sekali atau B maksimal Rp4.000.000

-Prodi dengan akreditasi Baik atau C maksimal Rp2.400.000

Ada juga bantuan uang saku. Bantuan ini diberikan rutin kepada penerima melalui transfer rekening. Besarannya dibagi dalam lima klaster wilayah. Penentuan klaster mengacu pada hasil survei Badan Pusat Statistik. Cek di bawah ini:

Klaster pertama: Rp800.000 per bulan

Klaster kedua: Rp950.000 per bulan

Klaster ketiga: Rp1.100.000 per bulan

Klaster keempat: Rp1.250.000 per bulan

Klaster kelima: Rp1.400.000 per bulan

Uang saku ini bisa digunakan mahasiswa penerima untuk memenuhi kebutuhan hidup yang relevan dengan kelancaran kuliahnya.

Eko Nugros

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.