Film n Musik

Vakum 6 Tahun Langsung Menang Grammy Awards, Fakta di Balik Album 'This Is Why' Paramore

entertainment.fin.co.id - 07/02/2024, 06:51 WIB

Sumber: Euope2

FIN.CO.ID - Paramore secara mengejutkan menyabet gelar penghargaan Grammy 2023 dalam kategori Best Rock Album melalui album terbaru mereka, yakni This Is Why.

Bagi Hayley Williams cs, penghargaan ini merupakan pencapaian penting bagi Paramore dan fans karena mereka sempat absen lama sejak album terakhir rilis, yakni After Laughter pada tahun 2017.

Adapun cerita menarik dibalik kesuksesan Paramore dalam memenangkan penghargaan tersebut yang telah dirangkum oleh redaksi Fin pada poin berikut ini.

BACA JUGA:

1. Mulai Menggeser Genre Punk Menjadi Post Punk

Seperti yang kita ketahui, awal mula dikenalnya Paramore berkat musik-musik Punk mereka yang sangat mudah didengarkan dan tak begitu keras namun sarat akan lirik-lirik kritikan akan kondisi sosial.

Tetapi siapa sangka, Paramore mulai menggeser genre mereka menjadi lebih lembut khususnya saat perilisan album After Laughter di tahun 2017.

Keterlibatan conflict of interest yang dipadukan dengan pengalaman anggota band lainnya, membuat album tersebut sangat emosianal, bahkan beberapa kritikus musik sepakat bahwa After Laughter menjadi ciri khas baru dari musik-musik Paramore. 

BACA JUGA:

2. Album Paramore Mengalahkan Band Kawakan Lainnya

Yang paling mengejutkan atau fakta menarik lainnya adalah jika kita melihat daftar dari nominasi lainnya. Yup, ada nama album Metallica, Foo Fighters, hingga Greta Van Fleet yang menjadi pesaing Hayley Williams dan kawan-kawan.

Namun, bak dewi fortuna yang hinggap di pundak mereka, Paramore di luar prediksi memenangkan penghargaan Best Rock Album.

Hal ini menjadi sorotan dan pro serta kontra karena beberapa ahli memberikan pendapat bahwa yang layak mendapatkan seharusnya Metallica tetapi tidak sedikit yang membela bahwa Paramore dengan ciri khas baru mereka juga layak memenangkan nominasi tersebut. Kalau kalian ada di tim mana?

3. Perjalanan Panjang Paramore Setelah Absen 6 Tahun

Seperti yang telah disinggung pada paragraf sebelumnya, album This Is Why ini lahir 6 tahun setelah album After Laughter. Banyak sekali perubahan yang berani dilakukan oleh Hayley Williams, khususnya adalah dari segi lirik serta aransemen musik.

Rangga Dipa
Penulis